21/01/2010 14:22:41

Pelatihan Digitalisasi Naskah Nusantara

Upaya pelestarian benda cagar budaya berbentuk tulisan tangan kuno melalui pemanfaatan teknologi digital semakin menemukan momentumnya. Tidak hanya dalam skala nasional, tapi juga internasional. Berbagai Museum dan Perpustakaan universitas seolah berlomba untuk mendigitalkan koleksi manuskripnya, dan kemudian menyimpannya dalam sebuah portal perpustakaan digital.

Sebagai upaya merespon perkembangan tersebut, Islamic Manuscript Unit (ILMU) PPIM UIN Jakarta, bekerja sama dengan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa) mengadakan pelatihan intensif, meski masih terbatas, digitalisasi naskah-naskah Nusantara. Awalnya, pelatihan digitalisasi tersebut akan disertai dengan pelatihan restorasi naskah, akan tetapi, karena alasan teknis, yang berhasil terselenggara adalah pelatihan digitalisasi naskah saja.

Para peserta pelatihan terutama terdiri dari para pemilik naskah dan mereka yang selama ini terlibat dalam berbagai program digitalisasi naskah, baik yang diselenggarakan oleh Manassa maupun lembaga lainnya. Peserta undangan berasal dari Bandung, Magetan, Surabaya, Jakarta, UI Depok, Pusnira FAH UIN Jakarta, Manassa, Puslitbang Lektur Keagamaan, dan PPIM sendiri.

Adapun yang bertindak sebagai fasilitator adalah Oman Fathurahman (Ketua Umum Manassa), Bahren (Kordinator lapangan digitalisasi naskah Minangkabau dengan EAP the British Library), dan dibantu oleh Alfan Alfianto (Anggota tim digitalisasi Puslitbang Lektur Keagamaan, Balitbang dan Diklat Kementerian Agama).

Dokumentasi kegiatan tersebut dapat diakses di sini.